Cara Menyenangkan Memperkenalkan Islam Pada Anak dengan Media Baju Muslim Anak

Cara Menyenangkan Memperkenalkan Islam Pada Anak dengan Media Baju Muslim Anak

Dunia fashion muslim beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan sangat pesat. Fashion dunia pun seolah juga menyambutnya dengan tangan terbuka. Tak heran jika beberapa fashion designer muslim berani unjuk diri di tingkatan dunia dengan membawakan desain baju busana muslim nan indah. Dengan adanya tren ini, kini banyak sekali muslimah yang juga tertarik menggunakan hijab demi menutup aurat. Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun tidak mau kalah untuk bisa menggunakan baju muslim anak yang modis dan menggemaskan.

Baju Muslim Anak

Untuk bisa memilih baju muslim anak yang tepat, maka Anda perlu mempertimbangkan aspek kenyamanan pada anak. Mengingat baju muslim memiliki lengan dan bagian kaki panjang, maka anak akan kerap kepanasan lantaran Ia banyak beraktivitas dan sangat aktif. Untuk itu, baju muslim yang biasa dipilih untuk anak adalah yang berbahan katun sehingga bisa menyerap keringat dengan mudah. Namun, perlu diketahui juga bahwa baju muslim yang di pakaikan untuk anak juga bisa menjadi media untuk mengenalkan anak pada agama Islam.

Memperkenalkan Islam pada anak sejak usia dini sangat disarankan karena dengan begitu anak bisa mudah mengingat dan sebagai pondasi anak hingga ketika Ia dewasa nanti. Meski begitu, mengajarkan Islam pada anak juga bukan serta merta begitu saja, namun harus melewati proses panjang dimana semua orang tua juga harus andil dalam mendidiknya. Dengan anak belajar agama, maka diharapkan agar anak bisa memiliki kehidupan yang terarah dengan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Berikut ini beberapa cara mengenalkan agama Islam pada anak dengan cara yang menyenangkan, antara lain:

1. Ajarkan dengan bermain
Ketika usia anak masih kecil, pada faktanya otak anak sudah bisa menerima informasi yang diberikan. Namun penyampaiannya pun harus tepat dimana harus mudah diterima oleh akal anak. Cara yang termudah adalah dengan bermain demi mengenalkan Tuhan, Nabi hingga Rasulullah. Anda bisa menggunakan metode dongeng dalam hal ini.

2. Mulai contoh sederhana
Hindari memberikan contoh yang terlalu rumit pada anak tentang agama. Ada baiknya mengenalkan contoh yang lebih sederhana seperti sholat dan juga doa keseharian. Anak mungkin belum mahir membaca, namun Ia lebih mudah dalam mengingat karena otaknya masih sangat tajam.

3. Menjadi teladan untuk anak
Cara yang satu ini memang cara yang termudah, namun juga tersulit untuk dilakukan. Hal ini lantaran banyak juga orang tua yang belum bisa menjadi teladan yang baik untuk putra putrinya di rumah, bahkan dalam hal yang sederhana. Dalam hal ini, Anda juga harus mau untuk memperbaiki diri sendiri. Dengan anak selalu melihat perilaku orang tuanya dalam keseharian seperti selalu doa sebelum makan, selalu sholat tepat waktu, berbicara dengan baik dan lainnya, maka hal ini akan lebih terpatri dalam ingatan anak dibanding hanya menyuruh dan memerintah anak.

Itulah beberapa cara untuk bisa mengenalkan anak pada agama Islam dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, berikan Ia baju muslim anak sehingga anak tahu pakaian yang tepat untuk beribadah berbeda dengan pakaian untuk bermain. Memang mengajarkan agama pada anak bukanlah hal yang mudah sehingga butuh konsistensi dan kedisiplinan bagi orang tua dalam hal ini untuk bisa sabar dan tanpa bosan mendidik anak terkait agama.

Share this:

Disqus Comments