Ketahui Hal Penting Ini Sebelum Investasi Rumah Kontrakan

Ketahui Hal Penting Ini Sebelum Investasi Rumah Kontrakan

Harga properti yang stabil bahkan terus mengalami peningkatan setiap harinya membuat investasi di bidang properti ini cukup diminati oleh banyak orang. Sehingga, banyak sekali yang memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti jenis-jenis rumah tinggal seperti sewa apartemen, sewa rumah, usaha kos-kosan, dan lain sebagainya. Namun, selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga dapat membawa resiko keuangan apabila saat menjalankan mengalami kegagalan, baik itu dari faktor internal maupun eksternal. Untuk mengurangi resiko kegagalan tersebut, kamu harus teliti dan jeli sebelum memutuskan untuk melakukan sebuah investasi. Berikut ini terdapat beberapa cara investasi rumah kontrakan tahunan yang dapat kamu perhatikan:

Investasi Rumah Kontrakan

Cari rumah yang berlokasi di kawasan industri

Kawasan industri selalu bertumbuh dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dilihat pada kenyataan bahwa biasanya, kawasan industri berkembang lebih cepat daripada kawasan-kawasan lain. Meningkatnya jumlah pabrik dan pusat produksi lainnya menyebabkan kawasan tersebut pun banyak didatangi oleh orang dari berbagai penjuru sebab, kawasan industri tentu menyediakan lapangan pekerjaan yang melimpah. Dengan demikian, penggerak dari pertumbuhan kawasan industri ini mayoritas adalah pegawai dari pusat produksi yang ada di kawasan tersebut.

Pilihlah harga tanah yang tergolong rendah

Kawasan industri biasanya berada tidak di pusat kota atau pusat keramaian sebuah kota, melainkan berada di kawasan pinggiran kota. Salah satu keuntungan lain yang dapat kamu peroleh adalah mayoritas harga tanah di lokasi ini belum terlalu tinggi. Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi di bidang mengontrakkan rumah, tidak ada salahnya jika kamu memilih kawasan pinggir kota yang masih memiliki harga tanah yang rumah.

Prediksi masa depan perkembangan rumah tersebut

Hal ini sudah sedikit dibahas pada poin nomor 2, yakni kamu perlu memprediksi bagaimana masa depan perkembangan lokasi rumah tersebut. Cara memprediksi tersebut dapat dilakukan dengan melihat pembangunan infrastruktur di daerah tersebut, apakah termasuk massive atau tidak. Pembangunan infrastruktur yang cepat berarti kemungkinan yang besar bahwa lokasi tersebut akan mengalami perkembangan di masa mendatang. Kemudian kamu juga dapat melihat tingkat kegiatan ekonomi di daerah tersebut.

Perhatikan sumber air

Tidak selalu gambaran besar yang diperhatikan, gambaran detil pun harus senantiasa diperhatikan dalam menyewa sebuah rumah kontrakan tahunan. Fasilitas pendukung sebuah rumah juga memiliki nilai tersendiri bagi rumah yang kamu miliki. Salah satunya adalah saluran air. Kondisi air di suatu daerah tentu berbeda dengan kondisi air di daerah yang lain. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan bagaimana kondisi air rumah tersebut, apakah lancar, atau sering macet. Pilih juga talang air rumah yang bagus untuk antisipasi agar air tidak mengalir kemana-mana.

Buatlah desain nyaman

Untuk membuat desain ruangan, ada baiknya jika kamu memperhatikan peruntukkan atau sasaran penghuni rumah yang akan kamu sewakan. Apakah rumah tersebut ditujukan untuk pegawai, untuk mahasiswa, untuk sebuah keluarga, atau bagaimana? Sehingga, dengan demikian, kamu dapat membuat desain ruangan yang nyaman dan tepat guna. Desain rumah yang nyaman akan meningkatkan minat seseorang untuk menyewa rumah kamu. Selain itu perhatikan juga cara membangun pondasi rumah agar kuat dan kokoh.

Perhatikan tingkat kejahatan di lokasi tersebut

Memang terdapat sejumlah lokasi yang memiliki angka tindak kejahatan yang tinggi, jangan sampai lokasi rumah kamu termasuk ke dalam golongan lokasi yang demikian. Tingkat kejahatan yang tinggi dapat meningkatkan resiko, termasuk kepada rumah kamu dan penghuni di dalamnya. Sehingga, tidak ada salahnya untuk datang ke kantor polisi terdekat dan menanyakan data statistik tingkat kejahatan terkini di tempat yang akan menjadi lokasi properti kamu. Atau mungkin kamu juga dapat mencari data tersebut di internet dan melakukan survey kecil-kecilan mengenai tingkat kejahatan di lokasi rumah kamu.

Pertimbangkan faktor bencana alam

Faktor bencana alam menjadi pertimbangan selanjutnya dalam memilih rumah untuk disewakan. Pastikan bahwa lokasi yang kamu pilih terbebas dari gangguan bencana alam atau tidak termasuk ke dalam daerah yang rawan terkena bencana alam, misalnya banjir. Mengapa demikian? Sebab, rumah yang terkena dampak dari bencana alam ini tentu saja membutuhkan biaya perawatan yang jauh lebih besar dibandingkan biaya perawatan pada umumnya. Selain itu, rumah yang rawan bencana alam juga tentu saja akan sangat meresahkan baik bagi penghuni maupun bagi pemilik. Rumah yang seharusnya membuat penghuninya merasa lebih tenang justru sebaliknya, akan cenderung meresahkan. Misalnya saja rumah yang berada di daerah rawan banjir, bayangkan bagaimana jika tinggal di tempat tersebut di musim-musim penghujan? Setiap hujan turun pastilah rasa was-was menghantui karena rumah tersebut rawan terendam banjir.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Tips yang terakhir ketika telah menyewakan rumah kamu yakni jangan ragu untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait rumah kamu. Baik itu dari segi lokasi maupun dari aspek rumah itu sendiri. kamu dapat mencari informasi sebanyak mungkin dari orang yang menyewa rumah kamu. Biasanya, penyewa rumah cenderung akan lebih jujur dalam memberikan informasi baik aspek positif maupun aspek negatif yang ada di sebuah rumah beserta lingkungannya. Dengan demikian, dapat memudahkan kamu untuk mengawasi rumah kamu.

Itulah beberapa tips dan cara investasi rumah kontrakan tahunan. Semoga dapat meyakinkan kamu untuk berinvestasi dan membuat kamu semakin berani menghadapi resiko apa saja yang mungkin kamu hadapi.

Share this:

Disqus Comments