Cara Mengelola Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu

Cara Mengelola Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu

Saat ini kartu kredit memang bukan hanya sebagai sekedar produk perbankan. Namun juga sebagai gaya hidup. Bagaimana tidak, kartu kredit menawarkan beragam bentuk kemudahan untuk melakukan transaksi. Baik itu di dalam maupun luar negeri. Serta transaksi online serta offline sekalipun. Bayangkan saja. Untuk pergi keluar negeri Anda tak perlu lagi menggunakan uang cash, dimana nilai mata uangnya akan berbeda. Cukup dengan kartu kredit saja. Begitu juga pada saat berbelanja kebutuhan secara online maupun offline. Cukup dengan kartu kredit.

Kartu Kredit Lebih dari Satu

Kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit membuat banyak orang memiliki lebih dari satu kartu. Nah, bila Anda juga salah satu orang dengan lebih dari satu kartu kredit, berikut ini kami berikan daftar cara mengelola lebih dari satu kartu kredit.

1. Pisahkan sesuai kebutuhan

Memiliki lebih dari satu kredit sebenarnya memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Ini karena Anda bisa memisahkan penggunaan kartu kredit yang dimiliki berdasarkan dari kebutuhan. Misalnya saja, satu kartu merupakan khusus untuk berlibur sedangkan kartu lain bisa digunakan untuk berbelanja.

Memisahkan kartu berdasarkan dari kebutuhan ini memudahkan Anda mengatur budget pula. Budget untuk liburan misalnya, sesuai dengan nilai maksimal dari kartu yang disediakan untuk liburan. Sedangkan untuk belanja serta makan sesuai dengan kartu yang seharusnya. Ini tentu saja bukan hanya memudahkan Anda dalam mengelola kartu. Namun juga dalam pengaturan keuangan.

2, Gunakan sesuai dengan keuntungan yang diberikan

Harus diakui bahwa masing-masing bank penyedia kartu kredit tak memberikan bonus serta keuntungan yang sama. Beberapa bank memberikan keuntungan dalam bentuk diskon di merchant untuk makan, misalnya. Sedangkan bank lain justru memberikan keuntunagn besar dalam bentuk poin pada saat Anda memesan tiket pesawat dan booking kamar hotel. Bahkan memberikan akses khusus ke ruang tunggu eksklusif.

Nah pada saat memisahkan kartu sesuai kebutuhan, Anda juga wajib mempertimbangkan keuntungan dari kartu tersebut sendiri. Bila kartu memberikan keuntungan ketika memesan tiket dan membooking kamar hotel, maka gunakan kartu tersebut untuk berlibur. Begitupun bila banyak toko online atau marchant yang bekerja sama memberikan diskon hingga reward dengan menggunakan kartu kredit. Maka gunakan kartu untuk berbelanja.

3. Jangan campur tagihan dan laporan koran

Bukan tidak mungkin Anda memiliki lebih dari dari satu kartu kredit dari bank yang sama. Bila begini, minta bank untuk memisahkan laporan koran serta tagihan. Sehingga Anda juga lebih mudah untuk meninjau kembali apakah ada pengeluaran yang tidak seharusnya serta mengatur pembayaran untuk masing-masing kartu.

Salah satu cara lain untuk mengelola lebih dari satu kartu kredit ini, jangan gunakan kartu kredit untuk membayar tagihan di kartu lain. Ini hanya akan mengacaukan sistem keuangan Anda.

Share this:

Disqus Comments